Selasa, 27 Mei 2014

Wow. Polusi udara di ubah jadi cincin

Jakarta - Fashionista kini dapat ikut mendukung penyelamatan lingkungan dengan hanya membeli aksesori dari desainer Belanda ini. Bukan sembarang aksesori, namun cincin khusus yang didesain dengan udara berpolusi di dalamnya.

Cincin yang disebut 'batu kabut asap' itu dibuat khusus oleh para peneliti. Mereka menghisap udara kotor dari ibukota China, Beijing dengan alat canggih, kemudian membuatnya menjadi batu cincin. Dalam satu cincin, berisi 1 kubik kilometer udara berpolusi; yang ikut mengurangi polusi di atmosfer sedikit demi sedikit.

Seperti dikutip dari situs studioroosegaarde.net, cincin ini adalah salah satu proyek untuk misi penyelamatan lingkungan. Ide cincin kabut asap itu pertama kali dilontarkan oleh seniman asal Belanda, Daan Roosegaarde. Desainer 35 tahun itu bekerjasama dengan pemerintah di Beijing untuk membantunya mewujudkan udara yang lebih bersih di kota ini.

Cincin ini memang belum dijual di publik, namun desain prototype sudah dirilis. Dari gambar yang beredar, cincin akan dihiasi batu transparan, kemudian ada partikel hit di tengahnya.

Akhir tahun nanti, satu juta cincin ramah lingkungan ini akan mulai dijual. Dengan kisaran 8 - 80 poundsterling atau sekitar Rp 155 ribu sampai Rp 1,5 jutaan. Hasil penjualan cincin ini nantinya akan digunakan untuk membuat taman kota bebas polusi pertama di Beijing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar